Pemuda dan Pengembangan Industri di Indonesia


Pemuda dan Pengembangan Industri di Indonesia

Sektor industri masih menjadi unggulan penyumbang PDB nasional. Sekitar 18.33 % sumbangan sektor industri bagi PDB pada triwulan kedua 2016. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan sumbangan sektor industri bagi PDB bisa lebih tinggi lagi. Demi target tersebut banyak program yang dilakukan kementerian perindustrian berberapa program tersebut diantaranya pembangunan kawasan industri, peningkatan SDM dengan vokasional training, pembinaan industri kecil dan menengah (IKM), hilirisasi industri dan masih banyak lagi.

Pengembangan industri Indonesia yang sedang berjalan ini ternyata banyak digerakaan oleh anak muda. Banyak sekali anak muda Indonesia yang bergerak di sektor industri. Para pemuda ini ada yang bergerak sebagai teknisi, management, akademisi dan pengusaha. Jika dilihat secara keseluruhan pemuda indonesia banyak bergerak di industri kecil dan menengah. Pemuda ini banyak bergerak dibidang ekonomi kreatif dan digital. Pengembangan ekonomi kreatif dan digital memang lagi trends dan menjadi kekuatan tersendiri bagi anak muda Indonesia. Mereka banyak menciptakan berbagai aplikasi dan games.

Melihat potensi yang dimiliki anak muda Indonesia dalam menggerakan bidang industri terutama ekonomi kreatif dan digital dengan itu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ingin membantu pengembangan mereka dengan beberapa program. Ada program skema dalam tingkatan komponen dalam negeri (TKDN) untuk produk hanphone. Salah satu skemanya yaitu produsen hanphone harus meningkatkan komponen software dalam produksi mereka.

Dengan peningkatan komponen dalam negeri untuk software produk handphone maka para pemuda Indonesia dapat memasukan aplikasi mereka di produk tersebut apabila memenuhi syarat. Dalam skema yang baru ini perusahaan raksasa di bidang produksi hanphone yaitu Iphone sudah berkomitment untuk membuka riset and development di Indonesia untuk mengembangkan software bersama anak muda Indonesia. Harapan kedepan dengan dibangunnya riset dan development Iphone di Indonesia bisa membantu para pengusaha muda yang bergerak di bidang IT bisa bertambah dan naik kelas.

Program lainnya dari kementerian perindustrian bagi pemuda adalah membuat E smart IKM yang memanfaatkan palapa ring dan BRI satelit. Dengan mendorong perkembangan e comerce diharapkan produksi kreatif dari anak muda Indonesia bisa laku dipasaran. Selain pembinaan terhadap IKM anak muda Kementerian perindustrian juga menyiapkan sebuah kawasan untuk menampung logistik barang yang akan dijual. Kawasan itu bernama kawasan berikat dengan adanya ini diharapkan semakin memudahkan produksi anak muda Indonesia untuk di kirim ke luar negeri.

Sedangkan untuk meningkatkan daya saing pemuda yang ingin bekerja dibidang Industri pemerintah membuat suatu gebrakan dengan mengadakan vokasional training diperuntukan bagi tingkatan SMK, D1, D2, D3 dan D4. Pendidikan vokasional ini memakai dual sistem, yaitu para pelajar ini akan mendapatkan materi dan teori didalam kelas sehabis belajar dalam kelas para pelajar ini akan langsung magang dipabrik-pabrik. Berharap dual sistem ini akan memudahkan pemuda bisa langsung mendapatkan kerja selain itu apabila para pemuda memiliki keahlian bisa membuat usaha sendiri tergantung keahlian yang dimilikinya.

Setiap peregerakan Indonesia selalu diwarnai dengan pemuda maka begitu juga diharapkan pada sektor industri. Kemajuan industri nasional harus dibantu dengan kerja para pemuda jangan sampai para pemuda Indonesia hanya menjadi penonton dalam kemajuan industri. Oleh karena itulah kementerian perindustrian akan mendorong pemuda Indonesia dalam rangka mengembangkan Industi. Dengan perkembangan Industri diharapkan cita-cita untuk mensejahterakan seluruh masyarakat dan pemerataan ekonomi dapat terwujub.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus