Langkah Memajukan Perindustrian Nasional


Langkah Memajukan Perindustrian Nasional

Kemajuan industri menjadi hal yang utama untuk memajukan suatu negara. Begitu juga pada Indonesia yang harus memajukan perindustian untuk mensejahterakan rakyatnya. Saat ini sumbangan sektor industri terhadap PDB nasional kurang dari 20%, untuk itu kemajuan perindustrian mutlak dilakukan Indonesia. Kemajuan perindustrian terus digalakan oleh kementerian perindustrian, apalagi dengan sosok menteri perindustrian Airlangga Hartarto  yang memiliki background pendidikan dan pengalaman  tentang industri yang lengkap.

Kementerian perindustrian sebagai pendorong utama kemajuan industri nasional melakukan berbagai langkah untuk menunjang itu. Sumber daya manusia sebagai modal utama peningkatan industri nasional kementerian perindustrian melakukan pendidikan dan pelatihan vokasional SMA dan SMA atau sederajat untuk meningkatkan skil dan keterampilan.

Kurikulum yang digunakan pelatihan ini sama dengan apa yang mereka dapat di dunia kerja. Para peserta pelatihan akan langsung ditempatkan ke perusahaan-perusahaan yang telah menandatangi MOU dengan kementerian perindustrian. Kedepannya pendidikan ini akan akan dibuat lebih masife dengan mengandeng SMA, SMK dan Sekolah Tinggi untuk diadakan didaerah-daerah hal ini dibuat karena kementerian perindustrian hanya memiliki 11 pusat pelatihan dan pendidikan.

Dalam meningkatkan industri kementerian industri akan mendorong 10 kawasan industri baru seperti yang diharapkan bapak Jokowi. 2 contoh kawasan industri yang akan di resmikan adalah kawasan industri kendal dan gresaik. 2 kawasan tersebut bisa menampung lebih dari 300.000 pekerja. Kawasan industri baru ini diharapkan akan mengerakan perindustrian nasional secara umum serta meningkatkan perekonomian daerah tersebut secara khususnya.

Kementerian perindustrian juga terus berusaha agar tingkat komponen dalam negeri (TKDN) terus meningkat diberbagai sektor industri. Salah satu contohnya dalam industri otomotif TKDN untuk mobil keluaran terbaru dari kolaborasi toyota dan daihatsu mencapai 95%. Dalam hal menunjang TKDN kementerian perindustrian bekerjasama dengan kementerian lain akan membuat sebuah regulasi guna meningkatkan TKDN dalam produksi elektronik. Meningkatnya TKDN dapat membantu industri kecil dan menengah kita karena mereka mendapatkan order yang lebih apabila TKDN lebih tinggi lagi.

Ada program baru yaitu  breakfast meeting menteri perindustrian bersama para pelaku usaha. Pelaku usaha yang datang tergantung sektor mana yang menjadi pokok bahasan. Pada kegiatan pertama breakfast meeting menteri perindustrian bersama dengan pelaku industri tekstile dan produk tekstile. Tujuan ini berguna untuk mendapatkan masukan dari pelaku industri agar kebijakan dan program yang akan dibuat kementerian memberikan dampak positif bagi kemajuan industri dan lebih mengena terhadap permasalahan yang ada. Para pelaku industri tekstile dan produk tekstile menyambut positif terhadap kegiatan ini karena selain dapat mengadukan permasalahan yang mereka alami kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi diantara mereka siapa tahu akan ada kerja sama kedepannya.

Perjanjian kerjasama industri dengan beberapa negara juga terus dilaksanakan. Selain itu juga investasi dari negara luar untuk industri akan terus dilaksanakan. Hal-hal diatas baru beberapa program yang dilaksanakan kementerian perindustrian dan masih banayak lagi yang akan dilaksanakan salah satunya kementerian perindustrian merekomendasikan untuk harga gas industri bisa bersaing dengan harga gas industri di negara lain.

Apabila harga gas untuk industri nasional tidak kompetitive dengan harga gas untuk industri diluar negeri maka produk kita tidak bisa bersaing dengan produk luar. Dengan dorongan masyarakat, DPR dan kementerian lain maka program dan langkah-langkah kementerian perindustrian guna memajukan industri nasionan semakin cepat terlaksana sesuai harapan kita semua.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus