Jokowi : BULo Perkuat Ekonomi Makassar


Jokowi : BULo Perkuat Ekonomi Makassar

Presiden Joko Widodo memuji pertumbuhan ekonomi Makassar yang semakin tumbuh dan melesat dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional. Keberadaan usaha kecil menengah menjadi salah satu penopangnya.

Pertumbuhan ekonomi Makassar sendiri mencapai 7.9%. Angka ini jauh lebih baik dari nasional yang tercatat 5.02%. Presiden Jokowi menilai capaian tersebut tidak lepas dari geliat perekonomian Makassar yang didukung oleh usaha kecil menengah  yang terus bergerak dan tumbuh di Makassar. Selain itu, juga usaha koperasi yang banyak menopang kehidupan ekonomi di kota ini.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi  program Badan Usaha Lorong (BULo) yang digagas Walikota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto yang semakin menguatkan perekonomian rakyat Makassar. Bulo yang dikelola dengan prinsip-prinsip koperasi selalu mengedepankan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan gotong-royong.

Program BULo dinilai sejalan dengan Nawacita pemerintahan Jokowi-JK, yakni membangun Indonesia dari pinggiran. Bulo yang berada di lorong-lorong adalah bagian dari daerah yang kerap “dipinggirkan”. Presiden Jokowi mengapresiasi Walikota Danny yang berhasil mengubah lorong layaknya sel kota, sehingga seluruh program dan kebijakannya berbasis Lorong. 

Pada pembukaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 di Lapangan Karebosi Makassar (12/07/16), Danny memaparkan perkembangan Bulo hingga saat ini kepada Presiden Jokowi. Menurut Daany, saat ini ada 700 Bulo yang tersebar di 15 Kecamatan se-Kota Makassar. Masyarakat secara swadaya dan swadana mengembangkan BULo di lorongnya yang hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat.

Danny mengakui, program Bulo saat bulan Ramadan lalu mengalami deflasi minus 3,2 persen. Padahal, hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Dengan demikian, BULo sudah menunjukkan bukti nyata dan berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat yang ujungnya juga menaikkan taraf hidup masyarakat lorong yang umumnya rakyat kecil agar bisa jauh lebih baik kehidupannya.

Dalam acara Harkopnas sendiri, ada empat rangkaian kegiatan yang direncanakan selama 12-16 Juli 2017. Adapun rangkaian kegiatan tersebut meliputi Expo Koperasi, Kongres Koperasi, Gerak Jalan Sehat dan Upacara Puncak. Dengan dihadiri insan koperasi di seluruh Indonesia, Danny yakin Makassar siap menjadi saksi sejarah atas lahirnya pemikiran-pemikiran baru untuk kemajuan dunia koperasi di Indonesia.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus