Start Up dan Kemajuan Ekonomi Indonesia

Comments 34 Views Views


Start Up dan Kemajuan Ekonomi Indonesia

Jaman now eranya start-up. Tentu anggapan ini tidak berlebihan. Start up kini sudah menjelma sebagai perusahaan teknologi terkemuka dan mampu mendulang kesuksesan. Anak muda berlomba-lomba membuat perusahaan sendiri. Mereka mencoba berbagai inovasi agar beda dari yang lainnya. 

Lalu pertanyaannya, kenapa harus anak muda yang menjadi pelaku start up ? Jawabannya sangat sederhana, karena pemudalah harapan dan aset yang berharga bagi bangsa. 

Lihat saja Bill Gates. Pada saat mendirikan Microsoft baru berusia 20 tahun. Begitu juga Steve Jobs yang masih berusia 21 tahun saat mendirikan produk teranyarnya, Apple. Serta pendiri Baidu yaitu Robin Li yang masih berusia 32 kala itu dan masih banyak lainnya.

Start up menjadi salah satu solusi bagi permasalahan masyarakat sekaligus membangun ekonomi Indonesia. Artinya, semakin banyak pemuda yang membangun karya lewat start up secara tidak langsung mereka membangun generasi yang kreatif dan berdaya saing tinggi. Harapannya, nantinya Indonesia tak hanya menjadi "konsumen" perusahaan-perusahaan teknologi asing.

Bagaimanapun Indonesia memiliki kekuatan pasar digital terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah transaksi sebesar 40 persen per tahun. Hal ini tentu harus dimanfaatkan oleh pemuda-pemuda di Tanah Air. 

Seperti keinginan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memandang anak muda Indonesia harus inovatif dalam menciptakan peluang usaha baru melalui teknologi informasi atau perusahaan start up. Seperti di Silicon Valley, Amerika Serikat yang menggabungkan pendidikan dan teknologi dengan dunia usaha anak-anak muda.

Hanya saja, banyak startup atau pengembang aplikasi digital yang belum siap memanfaatkan potensi tersebut. Mengingat banyak kendala yang harus dihadapi. Seperti kurangnya akses ke pemerintah dan kalangan bisnis, kesulitan memperoleh fasilitas dan platform digital, serta kurangnya pengetahuan tentang cara benchmark internasional yang baik dan benar. 

Untuk itu, harus ada peran dari kepala daerah setempat yang mempunyai perhatian khusus dan mimpi yang sama dalam membangun ‘Silicon Valley’ baru di Indonesia. Sebab ini sangat mungkin untuk membuat teknologi di Indonesia akan maju. Kita lihat saja.

 

 

 

foto:https://m.disitu.com/Artikel/Keuangan/start-up-atau-corporate

Post a Comments
blog comments powered by Disqus