Ini 5 e-Commerce Terlama yang Dilihat Konsumen Indonesia


Ini 5 e-Commerce Terlama yang Dilihat Konsumen Indonesia

Berapa lama waktu kamu habiskan untuk window shopping di sebua situs jual beli? Laporan terbaru dari platform pembanding harga produk, iPrice, menemukan jika rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu mengunjungi toko online selama 4 menit 19 detik untuk sekali berkunjung. 

Riset terbaru tentang waktu rata-rata konsumen Indonesia menghabiskan waktu untuk mengunjungi toko online itu diperoleh menggunakan data time on site dari SimilarWeb terhadap 30 toko online yang beroperasi di Indonesia. 

Dikutip dari keterangan tertulis iPrice, Kamis 18 Januari 2018, riset ini juga menunjukkan toko online seperti Shopee, Mapemall, dan BerryBenka mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di situs mereka selama lebih dari 5 menit.

Rata-rata waktu kunjungan Shopee adalah 9 menit 34 detik, Mapemall 8 menit 2 detik, dan BerryBenka 6 menit 39 detik.

Rata-rata waktu kunjungan pengguna sering digunakan untuk mengukur seberapa bagus konten yang ada di sebuah situs. Hal ini disebabkan oleh pengguna yang menyukai konten-konten yang disuguhkan platform itu.

Search engine, Bing, menyatakan rata-rata waktu kunjungan website dianggap baik jika pengguna menghabiskan waktu paling tidak semenit atau dua menit. Waktu kunjungan di bawah satu menit menandakan situs tersebut tidak memberikan konten yang pengguna inginkan. Sedangkan waktu kunjungan melebihi dua menit dianggap sangat baik (outstanding) karena tanda pelanggan mengonsumsi konten dalam waktu yang lama.

Waktu kunjungan pengguna ke situs belanja online di atas menandakan ketatnya persaingan e-commerce di Indonesia. Kini masing-masing toko online berlomba-lomba menarik kunjungan pelanggan dengan menyuguhkan konten yang relevan dengan tujuan terjadi transaksi online di situs mereka.

Konten yang lengkap dan tampilan yang menarik menjadi salah satu faktor penting yang membuat pengguna nyaman berbelanja dan betah berlama-lama di sebuah website. Ada lima situs e-commerce yang mengantongi waktu kunjungan terlama, yaitu Shopee 9 menit 34 detik, Mapemall 8 menit 2 detik, BerryBenka 6 menit 39 detik, Tokopedia 5 menit 54 detik, dan Zalora 5 menit 49 detik.

Shopee menjadi e-commerce teratas yang mencatat waktu time on site terbaik. Penyebabnya diduga berasal dari pertumbuhan seller yang semakin banyak untuk menawarkan barang dagangan bagi konsumen. Promosi gratis ongkos kirim juga dianilai mendongkrak minat pengguna untuk datang dan melihat-lihat di situs itu.

Sumber: Dream.co.id

Post a Comments
blog comments powered by Disqus