Kreatifitas Anak Asrama: Makan Mie di Ember sampai Roti Bakar Setrika


Kreatifitas Anak Asrama: Makan Mie di Ember sampai Roti Bakar Setrika

Sebagai seorang jebolan Pesantren yang mondok di Asrama, saya mau berbagi tips aneh dan menarik yang biasa dilakukan anak-anak yang bersekolah di boarding school atau asrama. Ini dia diantaranya:

1. Membuat Kasur Rapi dengan Menggunakan Jarum Pentul

Semua murid di asrama pasti punya kasur untuk tidur. Rasanya malas harus merapikan kasur yang dikit-dikit berantakan. Maka dari itu, saat pasang seprei, dipasanglah jarum pentul. Tujuannya, agar seprei nggak gampang berantakan. 

Seperti cara ini. Setelah seprei dipasang, masukkan ujung jarum pentul ke busa kasur bagian bawah, lalu keluarkan. Jadi, nggak asal main tubles aja. Bisa-bisa, nancep di badan kamu.

2. Membuat Lemari Pakaian Rapi dengan Buku

Selain digunakan untuk belajar, ada satu sisi unik dari fungsi buku. Pernah merasa tidak rapi saat melipat pakaian? Ada solusinya. 

Jadi, saat kamu melipat pakaian, letakkan buku di bagian tengah pakaianmu, (pakai satu buku saja, agar semua pakaian ukurannya sama), lalu lipat salah satu sisi pakaian dengan lengannya. Letakkan buku di tengah, lakukan hal yang sama dengan sisi satunya. Setelah itu, letakkan kembali buku di bagian tengah.

Kemudian lipat bagian bawah dan bagian atas pakaian, lalu ambil buku dari bagian samping. Selesai, dengan cara ini, pakaian di lemarimu akan terlihat rapi.

3. Roti Bakar Coklat gepeng Disetrika

Awal mulanya, karena di asrama repot bawa kompor, dan gak bisa memasak di dapur, karena dapur sibuk untuk melayani sekitar 500 orang. Selain itu, karena kantong menipis. Maka saat lagi badmood , makan camilan yang satu ini.

Bahannya gampang , cuma butuh 1 sachet susu bubuk coklat, jarum, dan setrika. Langkah selanjutnya adalah, menancapkan jarum berkali-kali ke bungkus susu, sampai ada banyak lubang. Supaya bungkus plastiknya tidak meleleh saat disetrika, maka sebelum disetrika, dibungkus dengan kertas terlebih dahulu. Setelah itu, ambil setrika, dan gosok bungkus susu yang sudah dilubangi dengan jarum. Alhasil, jadilah permen cokelat yang enak diemut.

Kalau roti bakarnya, setelah ditumpuk, diberi selai atau cokelat, lalu disetrika. Agar tidak lengket, maka harus dibungkus kertas, sama seperti permen cokelat tadi.

Satu lagi, saat membuat permen coklat dari susu bubuk, kita perlu ingat. Bungkus susu itu terbuat dari plastik, dan kurang baik untuk kesehatan jika makanan di dalam plastik terkena panas, seperti kertas nasi yang biasa digunakan masyarakat.

Begitu pun roti bakar yang dibuat dengan setrika. Minyak dari roti, akan merembes lewat kertas, dan akan terkena bagian bawah setrika. Jadi, jangan terlalu sering, karena hanya sebagai penghilang rasa bosan.

 

4. Makan mie di ember Image result for makan mie di ember

Biasanya kreatifitas muncul di saat buntu. Waktu mau makan mie goreng rame-rame, piringnya kurang, atau gak ada daun pisang, ember pun jadi. So, indomie goreng menyeusiakan jumlah orang yang mau makan, misal ada 10 orang, mie gorengnya cukup taro 10 atau 15. Nah bumbu taro aja di ember selayaknya piring, baru tuangin mienya. Diaduknya bisa pakai hanger baju atau stick drum. Ih jorok? Ah gak tuh, kami anak asrama sudah biasa seperti itu. Insya Allah sehat, karena kami sudah imun dengan kuman dan bakteri. Hihihi....

 

 

Sumber Foto: sebagian dari brilio.net

Post a Comments
blog comments powered by Disqus