Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Comments 31 Views Views


Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Anggapan di musim hujan tubuh akan lebih mudah terserang penyakit bukanlah isapan jempol semata. Secara ilmiah, hal tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor. Seperti misalnya perubahan suhu pada lingkungan, kurangnya paparan sinar matahari, dan juga aktivitas di dalam ruangan.

Setidaknya ada lima penyakit yang menjadi langganan dan mudah menyerang manusia di saat musim penghujan tiba. Yakni flu, pilek, diare, tifus dan demam berdarah.

Lalu, bagaimana sih menjaga kondisi tubuh tetap fit meskipun hujan turun terus menerus? Berikut tips pintar menjaga kesehatan saat musim hujan:

1.     Konsumsi Vitamin
Biasanya, saat pergantian musim kemarau ke musim hujan, kondisi tubuh tidak secara langsung menyesuaikan. Tetapi harus melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya memengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Dalam titik tersebut, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itu konsumsi vitamin (terutama vitamin C) amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan sistem imun.

2.    Jaga Pola Makan
Berdasarkan pedoman gizi dari Kementerian Kesehatan, sarapan dilakukan antara bangun pagi hingga pukul 09.00 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30 persen kebutuhan gizi). Ada baiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin.

3.    Jaga Kualitas Tidur
Siapa yang gampang ngantuk kalau musim hujan? Hal ini tidak boleh dianggap remeh lho. 
Udara dingin saat musim penghujan memang lebih mengundang rasa kantuk yang berlebih. Ambilah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, tapi diingat ya jangan tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Untuk remaja (14-17 tahun), waktu tidur yang ideal adalah antara 8-10 jam sehari dan dewasa (26-64 tahun) 7-9 jam.

4.    Olah raga
Agar kebugaran tubuh tetap terjaga, lakukan olah raga ringan di rumah. Olah raga merupakan cara sederhana dan mudah dengan manfaat yang besar. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih.

Itulah tips singkat untuk menghindari resiko terjadinya gangguan kesehatan disaat musim hujan seperti sekarang ini. Semoga bermanfaat ya!

 

 

foto: https://blog.bukalapak.com/wp-content/uploads/2016/02/tips-musim-hujan-5.jpg

Post a Comments
blog comments powered by Disqus