Fitur Wajib Keselamatan Pada Mobil Jaman Sekarang


Fitur Wajib Keselamatan Pada Mobil Jaman Sekarang

Sekarang ini banyak bermunculan mobil “Jaman Now” yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan baik dalam hal standarisasi maupun menggunakan teknologi terbaru. Teknologi yang disematkan pada mobil memang semakin beragam guna memenuhi kebutuhan keselamatan bagi pengendara maupun penumpang. Lalu fitur seperti apa yang wajib diperhatikan dan jangan sampai diabaikan keberadaannya di mobil? Berikut ini tim Carsome Indonesia, sebagai salah satu platform yang membantu menjual mobil dengan cepat dan mudah, mengenalkan beberapa macam fitur keselamatan yang ada pada mobil jaman sekarang. Simak ulasan berikut ini!

1. Airbag

Fitur Airbag (Source: Autoweek.com)

Fitur airbag (kantung udara) merupakan fitur keselamatan terpenting dan memiliki fungsi untuk perlindungan kepala dari benturan yang biasanya tidak dapat diabaikan. Penggunaan airbag ini hadir pada sejumlah mobil dengan dilengkapi airbag pelindung lutut pengemudi. Ketersediaan fitur ini dapat jadi sangat berbeda dari satu mobil dengan yang lainnya, meskipun dalam satu produsen yang sama. Fitur airbag dipastikan ada di setiap mobil keluaran terbaru yang beredar di pasar.

2. Kamera dan Sensor Parkir

 Kamera dan Sensor Parkir (Source: Blogspot.com)

Adanya penggunaan kamera dan sensor parkir sangat membantu pengendara terutama yang baru saja lancar mengemudikan mobil. Fitur keselamatan ini akan membantu pengendara saat parkir mundur, jadi pengendara tidak perlu repot melihat spion atau melongok keluar jendela untuk melihat sisi kanan, kiri, dan belakang mobil. Fitur ini memang bukan hanya untuk melindungi pengemudi dan penumpang, tapi juga untuk pengguna jalan lainnya dan pejalan kaki. Kamera dan sensor parkir yang ada di mobil bisa memberi tahu potensi bahaya dari objek yang melintas atau berada terlalu dekat di belakang mobil. Secara sederhananya, saat mobil Anda bergerak mundur, sensor yang terletak di sudut belakang mobil akan memindai objek yang ada di belakangnya. Peringatan biasanya akan muncul berupa suara di dalam kabin.

3. Blind Spot Monitoring

Blind Spot Monitoring (Source: Discoveryourmazad.com)

Fitur pada sistem blind spot monitoring ini dapat memberikan bantuan kepada pengendara seperti lampu peringatan yang terletak pada kaca spion mobil. Lampu tersebut akan memberi tahu bahwa ada kendaraan di samping yang mungkin tidak terlihat oleh si pengendara. Sangat sederhana tetapi hal ini dipastikan dapat sangat membantu.

4. Adaptive Cruise Control

Fitur Adaptive Cruise Control (Source: Fastnlow.net)

Fitur adaptive cruise control (ACC) ini merupakan suatu evolusi terbaru dari teknologi cruise control yang mengalami peningkatan besar dari yang ada sebelumnya. Fitur ini memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan yang diinginkan dan kemudian kendaraan akan mengurangi kecepatannya sendiri jika mobil di depan juga melambat. Adaptive cruise control ini telah dikombinasikan dengan teknik pengereman darurat otonom yaitu sistem yang dapat menyelamatkan nyawa pengendara dari resiko kecelakaan.

5. Auto Emergency Braking dan Forward Collision Warning

Ilustrasi Auto Emergency Braking (Source: Etsc.eu)

Fungsi dari fitur autonomous emergency braking (AEB) ini untuk menghentikan kendaraan dengan menggunakan sejumlah sensor serta menghindari mobil dari rintangan yang ada di depan kendaraan. Tetapi pada fungsi fitur sebenarnya, mobil yang tersematkan sistem ini hanya berfungsi untuk kondisi saat kecepatan rendah. Fitur ini akan memberikan sebuah peringatan kepada pengemudi jika terjadi sebuah potensi tabrakan yang semakin mendekat. Kemudian, rem akan bekerja secara otomatis jika pengemudi tidak merespon.

6. Lane-Keeping Alert and Assistance

Lane-Keeping Alert and Assitance (Source: ytimg.com)

Fitur ini bermanfaat jika Anda bepergian dan melewati jalan dengan marka jalan yang kurang jelas, maka fitur ini akan bekerja dengan cara memberikan peringatan jika Anda telah keluar dari garis putih. Meskipun fitur ini tidak diperlukan karena Anda tetap berada pada jalur, namun fitur ini setidaknya menjadi pengawas jika sesuatu terjadi pada kendaraan yang sedang melewati jalur yang gelap.

Untuk kenyamanan Anda dalam berkendara, memang fitur keselamatan canggih di atas menjadi kelengkapan yang harus ada pada mobil Anda. Apabila mobil Anda belum memiliki fitur-fitur di atas, jangan ragu untuk memasangnya atau ganti mobil Anda dengan mobil baru yang lebih gres teknologinya. Tidak usah pusing mencari tempat untuk ganti mobil Anda, jual mobil Anda di Carsome Indonesia dan nikmati layanan jual mobil bekas yang mudah, cepat, dan GRATIS!

Post a Comments
blog comments powered by Disqus