Resmi Tersangka, ICW: Setya Novanto Harus Mundur


Resmi Tersangka, ICW: Setya Novanto Harus Mundur

SIPerubahan, Jakarta – Ketua DPR Setya Novanto telah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan kasus korupsi pengadaan KTP elektronik. Langkah KPK ini diapresiasi oleh Indonesia Corruption Watch (ICW).

ICW beranggapan dengan ditetapkannya Ketua Umum Partai Golkar ini sebagai tersangka menunjukkan keseriusan KPK membongkar dalang persekongkolan pengadaan KTP elektronik yang merugikan keuangan negara 2,3 T.

ICW pun menuntut agar Setya Novanto mundur sebagai Ketua DPR agar bisa menghadapi proses hukum yang mendera dirinya.

“Hal ini ditujukan agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang sebagai pimpinan lembaga negara untuk melawan proses hukum sehingga tidak terjadi konflik kepentingan,”ujar salah satu peneliti ICW, Donald Faridz melalui keterangan tertulisnya, Senin (17/7).

Pada saat yang sama, ICW menyarankan agr Partai Golkar harus segera berbenah melakukan pembenahan internal untuk untuk mengganti pimpinannya yang bermasalah.

“Selain itu,Golkar harus mendukung proses penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK agar citra partai tidak semakin terbenam,” ujarnya.

Seperti diketahui Setya Novanto sudah lama disebut-sebut sebagai dalang dari pembagian fee proyek pengadaan e-KTP. Kala itu Novanto masih menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar. Semua terdakwa e-KTP yang telah menjalani proses pengadilan selalu menyebut nama Setya Novanto dalam kasus ini. Namun, baru kali ini akhirnya KPK menetapkan Novanto sebaga tersangka.

 

Post a Comments
blog comments powered by Disqus