Angkutan Umum DKI Wajib Pasang AC

Comments 22 Views Views


Angkutan Umum DKI Wajib Pasang AC

SIPerubahan - Angkutan umum (Angkot) di DKI Jakarta diwajibkan memasang pendingin udara atau air conditioner (AC) mulai Februari 2018.

"Jadi yang diwajibkan pada Februari 2018 baru penggunaan AC di angkutan umum sesuai PM (Peraturan Menteri)," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Jakarta, Rabu (6/12). 

Kewajiban tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 29 Tahun 2015 terkait Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek.  Peraturan tersebut menyatakan bahwa pemberlakuan paling lama tiga tahun setelah aturan ditetapkan.

Sigit mengatakan Dishub DKI sudah mensosialisasikan hal ini sejak PM tersebut diterbitkan, yakni tiga tahun lalu. "Terkait aspek kenyamanan, disisipkan tambahan larangan merokok dan dilengkapi AC," kata Sigit.

Sigit melanjutkan, dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi dinyatakan tentang usia kendaraan angkutan umum, sehingga diharapkan pada saat revitalisasi kendaraan, seluruh ketentuan PM tersebut bisa menjadi standar. "Karenanya kami mendorong pihak ATPM (agen tunggal pemegang merek) agar AC menjadi kelengkapan standar dalam angkutan perkotaan," kata Sigit.

Terkait dengan aturan semua kursi angkota menghadap ke depan, Sigit menyatakan hal itu belum menjadi kewajiban. Saat ini Dishub DKI mulai membahas rencana itu dalam rangka peningkatan pelayanan dan keselamatan. 

Sigit lantas menyoroti rencana program OK OTrip yang mewajibkan semua moda transportasi umum berbasis jalan terintegrasi dengan Transjakarta. Kata dia, integrasi ini nantinya menyebabkan perubahan manajemen dari sistem setoran menjadi pembayaran berdasarkan kilometer tempuh (Rp/Km).

"Dalam rangka peningkatan aspek keselamatan dan kenyamanan hal ini bisa ditindaklanjuti. Sehingga, peningkatan layanan menjadi suatu kebutuhan," ujarnya.

Sumber: cnnindonesia.com

foto: https://photo.sindonews.com/view/23336/menhub-luncurkan-program-angkot-ac

Post a Comments
blog comments powered by Disqus