Hari Ini KPU Undi Nomor Urut Paslon Pilkada 2018

Comments 101 Views Views


Hari Ini KPU Undi Nomor Urut Paslon Pilkada 2018

SIPerubahan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengundi nomor urut pasangan calon (paslon) kepala daerah di Pilkada serentak 2018, hari ini Selasa (13/02/2018). 

Sejumlah daerah sudah melakukan persiapannya menyambut paslon bersama tim suksesnya. Sosialisasi pun akan digelar. Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat menerangkan, pengundian nomor urut akan dihadiri semua paslon dan tim suksesnya di SOR Arcamanik yang berkapasitas 1.400 kursi. Sebanyak 800 kursi disiapkan bagi tim sukses paslon.

"Masa penetapan calon ini sampai pada tanggal 14 Februari. Kalau tidak, bisa terjerembab pada kampanye di luar jadwal. Sanksinya diskualifikasi," tegasnya. 

Untuk diketahui, KPU mengesahkan empat paslon di Pilkada Jabar 2018. Di antaranya, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (diusung oleh PKB, PPP, Partai Hanura dan Partai NasDem), Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (diusung oleh Partai Golkar dan Partai Demokrat), Mayjen (Purn.) Sudrajat-Ahmad Syaikhu (diusung oleh PKS, Partai Gerindra, PAN), serta Mayjen (Purn.) Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan (diusung oleh PDIP).

Di tempat berbeda, Ketua KPU Sumatera Selatan Aspahani menuturkan, penetapan nomor urut paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel akan dilaksanakan melalui rapat pleno terbuka. 
Di samping itu, pihaknya juga akan menyosialisasikan semua paslon melalui pawai terbuka dari lokasi pengundian sampai ke KPU Sumsel. Rutenya, Jalan R. Sukamto, simpang Polda, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jl. Ampera.

Menurut Aspahani, perhelatan itu sifatnya sosialisasi KPU, bukan pawai maupun kampanye. Tiap paslon dibatasi untuk menyertakan tiga kendaraan yang terdiri atas satu buah mobil terbuka dan dua mobil penumpang, dan tanpa sepeda motor.

Empat pasangan calon Gubernur dan Wagub Sumsel yang telah ditetapkan untuk pemilihan Gubernur Sumsel 2018 adalah Dodi Reza Alex- HM Giri Ramanda, Ishak Mekki-Yudha Pratomo, serta Herman Deru-Mawardi Yahya dan Aswari Rivai-Irwansyah.

Sedangkan, calon Gubernur Nusa Tenggara Timur Beny K. Harman mengaku tidak mempermasalahkan soal nomor urut yang akan diperoleh dalam undian nomor urut. 

Untuk diketahui, KPU melakukan penghitungan suara mulai tanggal 27 Juni hingga 3 Juli 2018.
KPU akan mengumumkan hasil penghitungan suara pilkada di tingkat kabupaten/kota pada 4-6 Juli. Sementara, KPU akan mengumumkan hasil penghitungan suara pilkada di tingkat provinsi pada 7-9 Juli.

Merujuk dari data KPU, pilkada serentak tahun ini setidaknya akan melibatkan 163.146.802 pemilih. Pemilihan gubernur Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang akan menjadi sorotan utama, karena melibatkan 91.179.616 pemilih.(Sumber: CNN)

Post a Comments
blog comments powered by Disqus