Puncak Perayaan Hakteknas 2017 di Makassar


Puncak Perayaan Hakteknas 2017 di Makassar

Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir secara resmi membuka Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ( Hakteknas) 2017 di Center Point of Indonesia, Makassar, Kamis (10/8/2017). Pembukaan tersebut ditandai dengan peluncuran roket air.

Hakteknas merupakan hari bersejarah nasional yang diperingati setiap 10 Agustus. Hakteknas dianggap sebagai tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung.

Puncak peringatan Hakteknas ke-22 kali ini di Kota Makassar disebut istimewa karena sejak mulai diperingati tahun 1995, ini pertama kalinya diselenggarakan di luar Pulau Jawa. Pada acara ini, hadir Presiden RI Ketiga BJ Habibie dan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Selain Menristekdikti, juga hadir Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Wali Kota Makassar, gubernur undangan, Kepala Lembaga Pemerintah non Kementerian, Duta Besar Negara Sahabat, Pimpinan Perguruan Tinggi, petani, nelayan dan lebih kurang 2500 tamu undangan lainnya.

Puncak Peringatan Hakteknas 2017 ditandai dengan penekanan sirine secara bersama dan peluncuran Roket Air dari Kapal Phinisi oleh Wapres Jusuf Kalla. Menurut Jusuf Kalla, Hakteknas di Makassar bukan hanya untuk merayakan, namun juga untuk menjaga semangat berinovasi dan meningkatkan pemahaman terkait teknologi.

Sedangkan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Danny Pomanto mengungkapan, penunjukkan Kota Makassar sebagai tuan rumah perayaan Hakteknas merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Makassar. Sebelumnya, pada perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) pada 12 Juli 2017 kemarin, Makassar juga ditunjuk menjadi tuan rumah. Acara yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo tersebut membuat satu kesan positif bagi masyarkat Makassar sejak masa kepemimpinan Wali Kota Danny.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus