Vokasi Industri Buka di Sumatera Utara


Vokasi Industri Buka di Sumatera Utara

Setelah sukses membuka progam sekolah vokasi di sejumlah wilayah di Pulau Jawa, Kementrian Perindustrian sedang menyiapkan hal yang sama di luar Jawa. Salah satunya pembukaan sekolah vokasi di Sumatera Utara.

Hal inu dilakukan untuk mengulang sukses pada akhir bulan lalu dimana Kementerian Perindustrian telah selesai merealisasikan program kerja pendidikan vokasi industri di seluruh pulau Jawa. Vokasi industri ini sebagai sarana menyiapkan Sumber Daya Manusia yang mumpuni untuk kemajuan industri di masa depan. Dengan target siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Program pendidikan vokasi industri di pulau Jawa terus berkembang. Siswa-siswi di beberapa SMK terus bertambah dan antusias untuk mendaftar menjadi siswa didik dari SMK-SMK yang telah terkoneksi dengan Kementerian Perindustrian untuk program pendidikan vokasi industri.

Pulau Jawa sendiri menjadi pusat pertumbuhan bagi industri padat karya dan padat modal, seperti tekstil dan produk tekstil (TPT), alas kaki, serta elektronik dan otomotif beserta industri komponen. Dicontohkan, Majalengka (Jawa Barat) dan Boyolali (Jawa Tengah) akan menjadi pusat industri TPT. Majalengka untuk industri TPT yang memerlukan banyak air seperti benang dan kain, sedangkan Boyolali akan menjadi pusat industri TPT yang tidak banyak membutuhkan air seperti pemintalan ' dan pakaian jadi (garmen). Selain itu, di Gresik (Jawa Timur) juga telah dikembangkan sebagai pusat pertumbuhan industri petrokimia.

Kesuksesan program pendidikan vokasi industri di pulau Jawa tentunya dapat memberikan dampak positif bagi perindustrian di Pulau Jawa. Tenaga kerja yang terampil dan tersetifikasi dapat menambah daya saing masyarakat  dalam memajukan perindustrian.

Setelah sukses di Pulau Jawa, program pendidikan vokasi industri juga akan digelar di kawasan Sumatera. Pertama kali untuk kawasan Sumatera Utara. Kegiatan ini guna menyiapkan tenaga terampil di bidang industri untuk kawasan-kawasan industri di Sumatera Utara seperti seperti di Sey Mangke (Sumatera Utara) pemerintah mendorong pengembangan industri berbasis kelapa sawit. Diharapkan rencana pembukaan di Sumut ini bisa mengulang sukses apa yang sudah dilakukan di Pulau Jawa.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus