Tiga Kunci Sukses Pemerintah Kota Makassar


Tiga Kunci Sukses Pemerintah Kota Makassar

Kota Makassar baru saja berulang tahun  ke-410 pada 9 November lalu. Sejumlah kemajuan Makassar pun turut menjadi bagian penting yang diangkat oleh Makassar. Di bawah kepemimpinan Wali Kota Makassar, Moh. ‘Danny’ Pomanto, Makassar meraih sejumlah kemajuan.

Kemajuan itu bisa dilihat dari sektor ekonomi. Pada 2014, pertumbuhan ekonomi Makassar berada pada angka 7,39 persen, kemudian meningkat pada 2016 menjadi 7,99 persen. Angka pertumbuhan ini adalah di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi secara  nasional. Begitu pun tingkat inflasi yang menurun menjadi 3,16 di tahun 2016 dari 8,51 dua tahun sebelumnya. Tak hanya itu, PAD (Pendapatan Asli Daerah) juga meningkat menjadi Rp 1 triliun lebih di tahun 2016 dan APBD meningkat menjadi Rp 3,8 triliun yang sebelumnya masih di angka Rp 2,4 triliun.

Bagaimanakah tips Wali Kota Makassar dalam merancang kemajuan kotanya? Kuncinya adalah ada tiga garis besar yang menjadi program utama Pemerintah Kota Makassar. Pertama adalah merekonstruksi nasib rakyat, kedua adalah mereformasi tata birokrasi, dan ketiga adalah merestorasi tata kota.

Danny Pomanto pernah berkata “Pembangunan itu haruslah memberi manfaat dan dapat dirasakan merata oleh masyarakat,”. Danny berani untuk menyulap lorong-lorong di Makassar menjadi semakin cantik dan indah.

Progam Unggulan
Selain itu, salah satu program unggulan Pemkot Makassar adalah Makassar ta Tidak Rantasa (MTR). MTR diintegrasikan bersama program pengelolaan sampah dengan mengadakan kantonisasi sampah, yakni  melakukan pemilahan sampah sesuai jenisnya menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bintang lima.

Pemerintah Kota Makassar juga memiliki program pelayanan kesehatan ke rumah 24 jam secara gratis, yakni home care atau Dottoro’ta yang terintegrasi dengan smart card warga Makassar dan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112.

Tak tanya itu, Pemerintah Kota Makassar masih punya ratusan program inovasi yang bisa diterapkan di setiap wilayah di Indonesia. Sebut saja seperti Jaga-Kota, Kolaborasi Stake Holder untuk Pemulihan dan Pelestarian, Lalu Lintas Cerdas Makassar (Lancarma), Layanan Pintar Penerangan Jalan berbasis Blogspot Gratisan, Lorong Sehat (Longset), Lorong KB, Makassar Monthly Events, Man Centre; Strategi Menangani Disfungsi Ereksi dan masih banyak lagi. Semua diraihnya dengan tiga kunci sukses tersebut.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus