Rahasia Tata Kelola Kota Makassar


Rahasia Tata Kelola Kota Makassar

Di bagian Timur Indonesia, kita bisa melihat Makassar sebagai salah satu kota yang memiliki perkembangan pesat, baik dalam hal pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan kotanya. Kemajuan infrastruktur menjadi penopang kekuatan utama Makassar untuk menarik investasi dan kunjungan, sehingga Makassar berkembang dengan teratur.

Siapa yang tidak setuju? Jika pembangunan sebuah kota atau daerah dari segi infrastruktur sangat dipengaruhi oleh konsep arsitektur yang baik. Keberadaan arsitek menjadi salah satu ujung tombak sebuah kota ini untuk maju dan berkembang ke depan, sehingga memiliki daya tarinya sendiri.

Tata kelola pembangunan Makassar tentu tak terlepas dari peran besar Wali Kota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto yang juga seorang seorang arsitek lulusan Universitas Hasanuddin, Makassar. Danny, sapaan akrab Wali Kota Makassar ini memiliki peran besar melalui karya-karya arsitekturnya terhadap tata Kota Makassar.

Buah karya utama Danny di Makassar dapat dilihat pada revitalisasi Lapangan Karebosi, Pantai Losari, Center Point of Indonesia, Pantai Akkarena serta merancang mesjid terapung Amirul Mukminin. 

Tak hanya itu, Danny juga memiliki sekitar 600-an grand design yang tersebar di Indonesia. Secara tidak langsung, buah pikiran Danny ikut membangun Indonesia secara luas.

Melalui visi “mewujudkan kota dunia untuk semua, tata lorong bangun kota  dunia", Danny merekonstruksi Kota Makassar menjadi lebih dengan mengedepanlan keamanan dan kenyamanan kota. Danny juga sangat mempertimbangkan kelestarian lingkungan hidup dan pembangunan memperhatikan kesejahteraan warganya.

Menurutnya, seorang arsitek sekaligus pemimpin harus berpikir dan berkarya dengan cemerlang untuk sebuah pembangunan bangsanya. Sepakat?

Post a Comments
blog comments powered by Disqus