Membangun Laut Demi Kelangsungan Hidup Manusia


Membangun Laut Demi Kelangsungan Hidup Manusia

Sebagai warga negara tentu kita patut mengucapkan rasa syukur bahwa Indonesia diberikan nikmat dan keindahan sebagai negera kepulauan terbesar di dunia. Tidak kurang dari 13.466 pulau dan terdapat 92 pulau terluar yang beserta ruang laut, darat, udara.

Sebagai negara kepulauan, dua pertiga luas wilayah negara ini adalah lautan. Lautan kita adalah paru-paru yang sesungguhnya bagi planet kita, yang menyediakan hampir sebagian besar oksigen yang kita hirup sehari-hari. Laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol iklim di bumi dengan menyerap karbon dari atmosfer dalam jumlah yang sangat besar.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita peduli terhadap laut. Hari laut sedunia 2016 mengusung tema, “Healty Oceans, Healthy Planet”. Hari laut sedunia diperkenalkan pada tahun 1992 pada KTT Bumi di Rio de Janerio, Brazil. Hari laut sedunia menjadi penting untuk setiap tahunnya untuk menghormati laut dan hasil dari lautan guna melindungi kehayatian spesies di laut.

Mengapa kita perlu menjaga dan melindungi laut? Mari kita bahas. Satu. Laut berisikan spesies yang mengandung protein yang bagus untuk tubuh jadi binatang dan tumbuhan laut menjadi penting untuk sumber makan bagi manusia. Dua. Produk-produk kecantikan banyak berasal dari laut misal ekstrak rumput laut yang berguna bagi kulit manusia.

Tiga. Guna mengurangi pemanasan global, Gas CO2, selain diserap oleh hutan, juga diserap oleh air laut. Melalui reaksi kimia dan batuan karang, CO2 akan diubah menjadi zat kapur yang bahan baku terumbu. Dalam proses yang disebut sebagai kalsifikasi ini, karang dibantu oleh zooxanthellae, tumbuhan bersel satu yang hidup di dalam jaringan tubuh karang.

Empat. Laut berkaitan dengan industri farmasi. Berbagai macam biota laut yang digunakan untuk industri farmasi salah satunya adalah rumput laut yang kaya akan antioksidan. Lima. Laut sebagai pelindung pantai dan pesisir. Dalam hal ni terumbu karang memiliki peranan yang penting dalam memperkecil ombak yang menuju daratan. Sehingga ombak tidak merusak pantai atau menyebabkan abrasi pantai sehingga ekosistem manusia dapat terlindungi.

Enam. Laut sebagai sumber mata pencaharian. Sebagian besar masyarakat pesisir pantai memiliki hidup yang tergantung dengan laut. Sebagian besar mereka menjadi nelayan maupun pedagang hasil-hasil laut. Tujuh. Laut sebagai prasarana perhubungan dan pengangkutan. Laut merupakan prasarana lalu lintas air yang sangat murah, karena hampir tidak diperlukan biaya pembuatan dan pemeliharaan.

Lantas apa aksi yang bisa kita lakukan untuk melindungi laut? Tentu banyak cara kita untuk menjaga dan melindungi laut. Kita dapat memulainya dengan aksi-aksi yang sederhana. Mulai dari pembersihan laut, yakni dengan tidak membuang sampah sembarangan kita sudah memberikan aksi kongrit terhadap lautan. Kemudian, mengkonsumsi produk perikanan lokal, hal ini meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga mengurangi emisi karbon dari polusi transportasi kapal akibat impor produk laut.

Lalu, melindungi species laut yang hampir punah, memberikan pemahaman mengkonsumsi species laut secara bertanggung jawab, menanam hutan bakau di pesisir pantai untuk mencegah abrasi laut, tidak menggunakan bahan peledak untuk penangkapan ikan, hingga menanam kembali terumbu karang demi menjaga kelangsungan hidup keanekaragaman hayati biota laut yang hidup di terumbu karang.

Beberapa aksi di atas penting untuk dilakukan, jadi di hari laut sedunia ini mari lakukan aksi-aksi positif untuk menjaga dan melindungi laut kita bersama. Karena laut yang sehat adalah tanggung jawab kita bersama.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus