June 21, 2021 2:43 pm
5 Pilihan Buah Bergizi selama Menjalankan Puasa

5 Pilihan Buah Bergizi selama Menjalankan Puasa

Buah-buahan merupakan salah satu sumber gizi yang dibutuhkan tubuh termasuk saat menjalankan ibadah puasa. Ada banyak sekali jenis buah yang bisa dikonsumsi menjelang jadwal imsak saat Anda sahur. Berikut ini pilihan buah bergizi yang bagus untuk dimakan selama puasa.

1.     Semangka

Tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Semangka mengandung banyak air yang bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, apalagi selama berpuasa. Buah ini juga rendah kalori dengan kandungan air yang tinggi sehingga cocok dimakan saat sahur karena memberikan efek rasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu buah semangka juga memiliki banyak kandungan vitamin yaitu A, C dan B. Gizi lainnya ada asam amino dan kalium. Bahkan semangka memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. But yang memiliki kolesterol bisa sekaligus berfungsi menurunkannya.

2.     Pisang

Buah selanjutnya adalah buah pisang yang memiliki kandungan air, protein, serat, vitamin A, B, C, D, dan juga banyak kandungan mineralnya. Buat penderita maag bagus sekali mengonsumsi pisang menjelang masuknya jadwal imsak. Anda juga tidak akan mengalami masalah pencernaan selama berpuasa.

Buah pisang sangat membantu menebalkan dinding usus dan bagian mukosa lambung, sehingga mengurangi terjadinya peradangan karena maag. Buah ini direkomendasikan buat ibu hamil yang lagi berpuasa karena ada kandungan asam folatnya yang bagus untuk janin. Pisang juga membantu menjaga kekebalan tubuh Anda selama berpuasa dengan vitamin A, B6, dan C.

3.     Jeruk

Pilihan buah yang juga bagus saat berpuasa adalah jeruk dengan kandungan asam folat dan antioksidan yang bisa membantu melawan berbagai jenis penyakit. Buah jeruk juga bisa diolah menjadi air jeruk yang menyegarkan. Bisa disajikan dengan air panas ataupun dingin sesuai selera.

4.     Pepaya

Pepaya jenis buah yang ternyata banyak kandungan nutrisinya, padahal harganya terbilang murah. Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan aman karena pepaya memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kekebalan tubuh. Imunitas tubuh akan menjadi lebih baik dengan mengonsumsi buah pepaya. Ada juga kandungan enzim papain yang bagus untuk pencernaan.

5.     Apel

Buah apel adalah jenis buah yang memiliki kandungan serat tinggi, sehingga bisa memberikan rasa kenyang yang lama. Cocok sekali dikonsumsi selama berpuasa. Kadar gula darah juga akan terbantu tetap normal di dalam tubuh. Tak hanya itu ternyata apel yang segar sangat membantu membersihkan gigi dan bagian gusi.

Beberapa jenis buah ini tentu bisa dikonsumsi dengan mudah karena harganya terjangkau dan mudah didapatkan. Bisa juga mencoba berbagai buah jenis lainnya dengan mencari informasi terlebih dahulu agar Anda lebih yakin untuk mengonsumsinya selama berpuasa. Berbagai informasi bisa didapatkan di orami.co.id termasuk tentang artikel islami.