June 21, 2021 3:25 pm
Contoh Laporan Keuangan Perubahan Modal

Contoh Laporan Keuangan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal adalah laporan yang menunjukkan perubahan modal perusahaan selama periode waktu tertentu. Fungsi utama pelaporan perubahan modal di sektor jasa dan barang adalah untuk memperhitungkan kenaikan atau penurunan modal selama periode pelaporan. Umumnya sebagian besar perusahaan jasa memiliki struktur kepemilikan yang relatif kompleks. Pahami contoh laporan keuangan perubahan terlebih dahulu.

Tujuan dan Fungsi Laporan Perubahan Modal

Menyampaikan informasi modal perusahaan kepada para investor untuk menarik investor dan memudahkan pembagian dividen di masa depan. Laporan membantu melihat modal akhir perusahaan dan sebagai informasi yang lebih bisa dipercaya sehingga bisa dijadikan sebagai rangkuman yang bisa dilihat kembali jika dibutuhkan di masa depan. Rangkuman dari perubahan modal meliputi aktiva dan investasi dana selama periode akuntansi.

Komponen Laporan Perubahan Modal

  1. Modal Awal

Modal awal adalah jumlah yang timbul dari penyertaan pemilik atau penyertaan investasi. Oleh karena itu, modal awal biasanya digunakan untuk membiayai operasi bisnis perusahaan dan dapat dibagi menjadi dua jenis: biaya operasi dan biaya modal. Investasi ini digunakan untuk membeli berbagai aset perusahaan jangka panjang seperti perangkat keras komputer, mesin printer, mesin fotokopi, kursi, meja, dll.

  1. Saldo Laba atau Rugi

Laba bersih ini dihitung dari laporan laba rugi yang telah dikurangi oleh beban dan pajak. Apabila perusahaan mendapatkan keuntungan maka modal akan bertambah sedangkan kerugian akan mengurangi modal. Contoh laporan keuangan akan membantu Anda perhitungan laba rugi di laporan laba rugi.

  1. Pengambilan Pribadi (Prive)

Ini maksudnya dana diambil untuk kepentingan pribadi pemilik sehingga akan mengurangi modal perusahaan namun dengan prive yang diambil lebih kecil dari laba. Apabila prive yang diambil melebihi laba maka modal akan berkurang.

  1. Modal Akhir

Untuk menghitung modal akhir dari laporan perubahan modal, bisa menggunakan rumus yaitu Modal Awal + Laba atau Rugi – Prive. Maka akan didapatkan modal akhir perusahaan.

Contoh laporan keuangan perubahan modal yang dimasukkan hanyalah modal awal, laba atau rugi perusahaan, dan prive jika ada. Modal ini nantinya akan dimasukkan lagi ke laporan keuangan bulan berikutnya. Untuk pembuatan laporan keuangan yang lebih mudah, bisa menggunakan aplikasi Moodah yang gratis diunduh siapa saja.